Memilih Teman

ATT_1443756377813_Screenshot_2015-10-02-10-19-43-01

 

by @likeislam

 

Mencari teman itu MEMANG HARUS MEMILIH.. Maka lihatlah dengan siapa dia berteman

Kata Rasulullah, kalau kita ingin mengetahui seseorang itu bagaimana, lihatlah dengan siapa dia berteman. Kalau ia berteman dengan pandai besi ia akan terkena aroma besi yang terpanggang.

Jika ia berteman dengan penjual parfum, ia akan terciprati harum parfum.

Seorang teman, kawan, sahabat, ternyata sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Lihatlah perumpamaan Nabi kita tercinta. Kadang kita suka meremehkan dengan siapa kita berteman, dengan siapa kita bergaul.

Ketika kita bergaul dengan orang-orang yang jauh dari ketaatan kadang kita tidak sadar, perlahan ketaatan kita pun mulai pudar dan kita pun tidak terasa

 

Ketika kita bergaul dengan orang-orang yang mencintai dunia, secara perlahan dan tak sadarkan diri kita mulai melupakan akhiratdan perbincangan kita menjadi sebatas urusan duniawi.

Namun ketika kita bergaul dengan orang-orang shalih, perlahan kita mulai mengikuti jejak teman kita, mulailah kita bersemangan ketika berkumpul dengan mereka.

Melihat mereka pun bisa menambah semangat kita dalam ketaatan

 

Berarti kita hanya boleh bergaul dengan orang Shalih???

 

Tidak… Sama sekali tidak.. Rasul mengajarkan kita untuk bergaul dan mengakrabkan diri dengan orang-orang baik. Bukan berarti kita tidak boleh bergaul dengan orang yang jauh dengna ketaatan.

Rasul minta kita juga menasehati mereka, dakwahkan mereka, yang belum mendapatkan hidayah, semoga saja mendapatkan hidayah melalui upayamu !!!

 

Jadi ketika kita mulai malas beribadah, malas berdakwah, lebih senang mager dirumah, dibanding menghadiri majelis ilmu, lebih senang jalan-jalan, kongkow-kongkow dibandingkan menjalankan aktivitas dakwah jama’i.

Lihatlah dengan siapa kita berteman dan bergaul, dan renungkanlah seberapa jauh kita dari ketaatan, seberapa lama kita tidak merasakan manisnya ibadah

 

Coba kita bermuhasabah, dengan siapa kita selama ini berteman akrab, dengan ahli ibadahkah atau ahli maksiat

Leave a Reply