Bolu Kukus Mekar

Bolu kukus, adalah jajanan pasar yang rajin saya beli di koperasi, waktu jaman masih ngantor dulu.
Sekarang udah jadi IRT, ya belajarlaaah. Masa beli melulu, hihihi
Yuk praktek

Bahan :

500 gr gula pasir
500 gr terigu segitiga biru
5 butir telur
350 cc sprite
1 sendok makan sp
Pewarna makanan
Kertas cetakan

Cara membuat :

Masukkan gula pasir, telur, sp dan sprite
Mixer sambil dimasukkan terigu sesendok demi sesendok
Mixer kurleb 15 menit, sampai mengembang
Pisahkan adonan untuk kemudian dimasukkan pewarna
Tuang adonan ke dalam cetakan kertas, yang dilapisi dengan cetakan besi
Nah, kalo aku bikinnya 3 warna, warna dasar putih, lalu hijau, dan paling atas pink

Tadaaaa.. Mekar cantik kan πŸ™‚

*Note : 1 resep untuk 40 pcs

Bolu Kukus Mekar

Fancy pao ala-ala

Setelah mengikuti kursus fancy pao di Bogasari Baking Center, sekarang saatnya mempraktekkannya
Membuat pao ala BBC ini menggunakan metode boil doh, dan metode sponge, tujuannya agar kita dapat mengetahui apakah adonan yang kita buat terlalu lembek atau terlalu keras (kata instruktur nya siiy gitu)
Tapi setelah 2 kali praktek dirumah pake metode ini, gak ada tuh yang namanya bantet. Pasti berhasil, hihihi. Ga sia sia, ikutan kursus πŸ˜€
Yuk mari, ini saya share resep nya

Bahan-bahan Boil Doh :
100 gr tepung beras
200 cc air

Bahan sponge :

300 gr tepung terigu

11 gr ragi instan

100 gr gula pasir

200 cc air dingin

Bahan utama :
700 gr terigu
10 gr baking powder
80 gr gula halus
5 gr garam
160 gr margarin putih
240 cc air dingin
3 gr bread improver

 

Adonan isi :

Coklat filling

Tausa kacang hijau

Tausa kacang merah

keju & susu

 

Tahap-tahap membuatnya :

1. Boil Doh:

Rebus air hingga mendidih, matikan api.
Masukkan tepung beras, aduk hingga rata, diamkan hingga dingin

2. Sponge :

Campur semua bahan, aduk rata, terakhir tambahkan air. Diamkan kurang lebih 1 jam (hingga mengembang)

3. Bahan utama :
1 jam setelah boil doh, dan bahan sponge dibuat, mari kita mengolah bahan utama.
Caranya :

Masukkan, terigu, baking powder, gula halus, garam, dan bread improver. Aduk rata
Tambahkan air sedikit demi sedikit, sambil dimixer (hook), tambahkan sponge dan boil doh.
Kalau sudah setengah kalis, tambahkan mentega putih.
Adonan dimixer dengan mixer hook kurleb setengah jam (sampai kalis)

Setelah kalis, pisahkan adonan dan tambahkan warna, bentuk sesuai selera

Ini selera saya, yang paling gampang dan gak banyak warna πŸ™‚

panda pao

Naga Sari Pisang

Jajanan pasar kedua adalah Naga Sari… Doyan banget sama makanan yang satu ini.

Legit-legit gurih gimanaaa gitu. Kalo gak belajar cara bikinnya, ga afdol rasanya.

Bahan-bahan :

500 gr tepung beras

800 ml santan

250 gr gula pasir 1 sdm sagu

1 lembar daun pandan

pisang uli

1 sdt garam

Cara membuat :

Masukkan santan, tepung beras, tepung sagu, garam, pandan, aduk hingga rata

Setelah rata, masak diatas api kecil, sambil diaduk aduk hingga mengental

Cetak di daun pisang

Kukus selama 20 menit Selamat menikmati πŸ™‚

 

1418032802727

Kue Lapis

Ceritanya lagi belajar membuat kue kue jajanan pasar yang saya sukai. Tapi yang saya sukai saja loh πŸ™‚
Mulai lah cari-cari resep di internet.
Dimulai dengan kue lapis.

Berikut bahan-bahannya :

300 gr gula pasir
250 gr terigu
150 gr tepung sagu
900 cc santan yang sudah di masak dengan air pandan
pasta coklat
garam secukupnya

Cara membuat :

Campur gula pasir kedalam santan
Tambahkan tepung sagu dan terigu
Aduk rata hingga menjadi satu, kemudian saring
Olesi loyang dengan minyak sayur
Bagi dua adonan, yang satu beri warna coklat
Tuang adonan ke dalam loyang selapis, demi selapis
Beri waktu selang 5 menit pada masing masing lapisan adonan
Setelah loyang penuh, kukus selama 20 menit agar adonan kue lapis lengket dan menyatu sama lain
Diamkan sekitar 2-3 jam, setelah dikukus, agar kue menjadi dingin dan mudah dipotong
Note : Loyang 15×15

 

1417673425418

Nasi Kebuli Ayam

 

Pertama kali nyobain nasi kebuli di rumah saudara sepupu pas lagi ada pengajian rutin. Dalam hati berjanji, aku harus bisa buat nasi kebuli seperti ini.. halaahhh..
Setelah browsing-browsing, nyari yang gampang. Akhirnya nemu disini,

Beneran masak nya gampang, pake rice cooker, dan hasilnya nikmaattt… Dapet 2 jempol dari suami, hihihi. izin nyontek ya Mba πŸ™‚
Tapi karena udah terlanjur cinta sama nasi kebuli yang aku coba pertama kali dirumah si teteh, jadi aku bikin versiku sendiri

Bahan-bahan :

– 1 ekor ayam, (saya menggunakan dada ayam yang sudah dipotong di supermarket)
– 500 gram beras, cuci bersih dan tiriskan
– 800 ml air
– 1 butir bawang bombay, belah dua dan rajang setipis mungkin

Bumbu dihaluskan:
– 10 butir bawang merah
– 5 butir bawang putih
– 1/2 butir pala
– 4 cm jahe
– 1 sendok makan ketumbar, sangrai
– 1 sendok teh merica, sangrai
– 1/2 sedok teh jintan, sangrai

Bumbu lainnya:
– 3 batang kayu manis
– 3 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
– 8 butir cengkeh
– 4 butir kapulaga
– 3 butir kembang lawang/pekak/star anise
– 2 sendok teh garam
– 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara membuat:

Cuci bersih ayam, rendam dengan perasan jeruk nipis dan garam, diamkan kurleb 20 menit, bilas hingga bersih.

Siapkan penggorengan, beri 3 sendok makan minyak dan panaskan, tumis bawang bombay hingga harum.

Masukkan cengkeh, kapulaga, kembang lawang, serai dan kayu manis, sebentar hingga tercium bau harum.

Masukkan bumbu halus. Tumis hingga bumbu harum dan matang. Tambahkan 100 ml air, garam, dan sedikit gula, aduk rata.

Masukkan ayam, rebus hinggaΒ  ayam empuk dan matang, angkat, suir-suir ayam, sisihkan.

Masukkan beras ke dalam rice cooker. Tuangkan air kaldu bumbu bekas menumis ayam. Buang serai, kayu manis dan kembang lawang.

Tambahkan air lagi hingga kira-kira cukup untuk memasak nasi. Perlu diingat nasi kebuli biasanya teksturnya tidak lembek jadi jangan menambahkan banyak air ke dalam rice cooker.Β  Gunakan air secukupnya. Masak hingga nasi matang.

Cicipi rasanya, jika kurang asin tambahkan garam.Β  Aduk-aduk nasi di dalam rice cooker agar remah dan tidak menggumpal.

Setelah rice cooker ngejepret (atau apalah bahasanya, hihi), masukkan ayam yang sudah disuir, aduk rata.
Tutup rice cooker dan biarkan nasi hangat di dalam rice cooker.

Sajikan Dengan sambal goreng hati dan acar.

Acar Ketimun

 

Dulu waktu masih tinggal sama ortu, setiap kali ada masak besar dirumah untuk hajatan, aku paling senang kalo dapet bagian tugas memotong ketimun, buat acar.
Nah sekarang, sebagai pecinta acar, aku pingin bikin sendiri, buat nyetok di kulkas.

Bahan-bahan :

1 buah timun buang biji nya, potong dadu
1 buah wortel potong dadu
5 siung bawang merah iris kasar
5 buah cabe rawit potong-potong (kalo gak suka pedas, tidak usah dipotong)
1 sdt gula
1/2 sdt garam
1 sdt cuka makan
50 cc air

Cara membuat :

Campur semua bahan menjadi satu, larutkan 1 sdt gula dengan 50 cc air, tambahkan garam dan cuka makan.Β  Simpan di kulkas

Sambel Goreng Hati

 

Bahan-bahan:
7 buah hati ayam
7 buah ampela
3 buah kentang, potong dadu, goreng
10 buah cabe merah
5 buah rawit merah
3 siung bawang merah
1/2 sdt gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan

Cara membuat :

cuci bersih hati dan ampela, rebus dengan sedikit air, garam, dan bawang putih yang dihaluskan, dengan api kecil.
Setelah ampela nya empuk, potong dadu, goreng.
Haluskan, bawang merah, cabe merah, dan rawit merah, tumis hingga harum, beri sedikit gula pasir dan garam secukupnya.
masukkan kentang dan ati ampela yang sudah digoreng, aduk rata.
Sajikan dengan nasi hangat πŸ™‚

Project Membuat Pempek Adaan

 

 

 

Setelah gagal pada pembuatan pertama, dan akhirnya dibuang, hiksss.. Akhirnya, hari ini mengumpulkan keberanian lagi untuk mencoba membuat pempek adaan yang gampang-gampang susah itu. Resepnya turun temurun dari keluarga. Tapi aku pakai versi ku sendiri

 

Bahan-bahan :

 

1 kg ikan giling (boleh tenggiri, boleh gabus)

70 ml santan kental (aku pakai santan siap pakai)

250 gr tepung sagu

300 cc air

1/4 sdt lada

6 siung bawang merah iris tipis (aku dihaluskan, percayalah. lebih enak dihaluskan)

3 sdt garam

1 buah putih telur

1 lt minyak goreng

 

 

Bahan cuko :

300 gr gula merah

500 cc air

5 gr cabe rawit

3 buah cabe merah

3 siung bawang putih

1 sdm kecap asin

2 sdm cuka putih

sedikit asam jawa

1 sdt garam

 

Cara membuat pempek :

– Masukkan air dan garam ke adonan ikan giling, aduk rata, diamkan kurleb 15 menit

– Campur semua bahan menjadi satu

– Terakhir, baru masukkan tepung sagu, aduk rata pakai tangan, seperti menguleni adonan donat

– Panaskan minyak di wajan

– Buatlah bulatan seperti baso menggunakan 2 sendok lalu langsung goreng di wajan yang sudah panas minyaknya dengan api sedang hingga matang.angkat

 

Cara membuat cuko :

 

– Didihkan air, masukkan gula merah

– Setelah gula merah larut, angkat dan saring

– Rebus lagi gula merah yang sudah disaring, dan masukkan semua bahan

 

Hidangkan dengan pempek

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Resep Risol isi Bihun plus sambel kacang

Kulit risol yang krenyes krenyes, plus isi bihun dan sayuran yang gurih, siapa yang ga doyaaann.

Nah, mumpung mertua lagi maen kerumah. Langsung deh minta diajarin. Hiyuuukkk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan isi:

1 buah kentang, potong dadu
1 buah wortel, potong dadu
50 gr bihun, rebus, seduh
2 bawang putih
1 bawang merah
Daun bawang
1 1/2 sdt garam
1 sdt penyedap rasa ayam (optional)

Bahan kulit :

300 gr terigu
3 sdm tepung sagu
1 sdt garam
550 ml air (tambahkan sedikit lagi bila adonan masih kental)

Cara membuat isi :

Panaskan minyak, tumis bawang merah, dan bawang putih yang telah dihaluskan,

masukkan kentang dan wortel, tambahkan garam, tambahkan sedikit air, masak sampai

kentang dan wortel empuk. Masukkan bihun, dan daun bawang, aduk rata

 

 

Cara Membuat Kulit :

Campur semua bahan kulit, aduk sampai rata.
Dadar tipis-tipis di pan kecil

 

Cara membuat Risol :

1. Isi Β½ atau 1/3 bagian kulit dadar dengan adonan isi,

2. Gulung spt lumpia.

3. Lalu rekatkan dengan campuran terigu dan air yang menyerupai pasta

 

 

Goreng sampai kuning kecoklatan

Cara membuat saus kacang nya :

Bahan :

100 gr kacang tanah goreng, haluskan

5 buah cabe merah, goreng utuh, haluskan

1/2 sdt cuka makan
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam
50 cc air

campur semua bahan, aduk rata
sajikan dengan risol yang sudah digoreng.. hmmm, nyuummm

 

 

 

 

 

Resep Biji Salak

Ubi merah sisa bikin kolak masih banyak.. hmmm diapain yaaa.. Bikin biji salak aja yuk ah

 

Bahan :

500 gr ubi merah, rebus, haluskan

4 sdm tepung tapioka (sagu)

500 gr gula jawa

1 lt air

500 ml santan kental

1/2 sdt garam

2 lembar daun pandan

 

Cara membuat :

 

Masukkan tepung tapioka ke dalam ubi yang sudah direbus dan dihaluskan. Bentuk bulatan

Rebus air, masukkan gula jawa, didihkan. Setelah mendidih, saring.

Masukkan bulatan ubi kedalam rebusan gula jawa, masak hingga bulatan ubi mengapung.

Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, angkat Sajikan biji salak, dan santannya