Bladeless Laser Katarak

Udah sejak tahun 2001 si Mamah, mengeluh matanya rabun, pake kacamata gak ada yang cocok. Sampe-sampe ama penjual kacamata disarankan untuk periksa ke dokter dulu. Maklumlah, si Mamah jarang banget berurusan sama yang namanya dokter, kecuali dokter kandungan, hehehe.

Singkat cerita, ada saudara yang merekomendasikan untuk laser mata di Jakarta Eye Center dengan Dr Darwan Purba karena sebelumnya, saudaraku menggunakan dokter yang sama. Aku telfon deh JEC, buat tanya-tanya lebih jelas. Ternyata daftar rawat jalan ke dokter yang bersangkutan, harus seminggu sebelumnya (ga tau dokter yang lain ya)

Tibalah waktunya nganter si Mamah ke JEC, nyampe JEC jam 10 am, dapet giliran masuk jam 1 pm, karena antriannya luarr biasaaa ramenyaa..

 

Setelah di ruang praktek dokter, dan diperiksa oleh dokter, ternyata menurut dokter mata si Mamah katarak nya udah tebal. Dokter menyarankan untuk operasi. Tapi si Mamah, takut operasi, takut pisau, gak bisa minum antibiotik. Pokoknya parno deh. Jadi si Mamah minta di laser aja. Selisih biaya antara operasi dan laser pun cukup banyak. Dokter menjelaskan biaya operasi katarak lebih kurang 13 jt, sementara laser 23 jt. Untuk satu mata saja, uhuhuhuuuu…. Kalo 2 mata, ga tau deh. Dokter menjelaskan, yang membuat tindakan laser itu mahal adalah, alatnya yang bernilai 8M, huaaaa.. 8 emberr. Dan bius nya ga pake suntik-suntikan, hanya obat tetes, ga pake puasa-puasa dan pantang makan.

Baiklaah, berhubung si Mamah tekadnya udah bulat, akhirnya Mama memutuskan untuk hari itu juga di laser. Setelah melalui tahapan tes darah, gula, dll. pukul 3pm, kita naik ke lt.7, untuk proses laser nya.

Sampai di lt.7, masih harus mengantri booo.. ternyata yang operasi hari itu banyak juga. Dan Mamaku, karena mengambil jalur express (tanpa perjanjian) kena charge 500rb (nanti hitung2annya ya, hehehe)

 

Beginilah suasana ruang tunggu JEC kedoya, keluarga yang menunggu bisa melihat dari monitor, proses jalannya operasi keluarga yang sedang di operasi

Aku ikutan menonton proses operasi katarak yang ditayangkan di monitor. Wow, lumayan cepat loh. Kalo diitung-itung cuma 15 menit. Tapi sayangnya yang ditayangkan di monitor hanya proses operasi. Kalo laser nya si Mamah, ga ditayangkan. Aku bisa ngeliat Mama ku, pas proses laser sudah selesai.. hikksss.. padahal aku kepengen tauuu, laser itu diapain siiy, bedanya apa sama di operasi. Kata suster nya kamera nya hanya satu 🙁

Si Mamah, setelah di laser mo dibawa ke ruang lain untuk ditanam lensanya

Oke, sekedar info, siapa tau butuh info mengenai biaya. Total biaya yang dikeluarkan untuk laser katarak di JEC, kurang lebih 25jt. Sudah termasuk obat (obat tetes, ga ada obat minum), biaya dokter (termasuk dokter jantung juga), dan biaya go show (ekspress, tanpa perjanjian). Lumayan ya booo…

Ini sudah hari ke 3 semenjak si Mamah di laser. Selama 3 hari ini mama gak boleh nunduk, ga boleh ngangkat yang berat-berat, dan matanya ga boleh kena air. Obat tetes pun dipakai 6x sehari. Besok si Mamah udah bisa ngapa-ngapain dan langsung ngajak ke tanah abang. Hiyuuuukk mareeee…